Posted by : UMN Tuesday, November 18, 2014

November 18, 2014 : by Arum K D / Universitas Multimedia Nusantara News Service

Perwakilan dari SMAK 3 Penabur Team 3 berhasil menjadi juara pertama kompetisi akuntansi The Battle of ACEs 3 pada Jumat (14/11). Tim tersebut beranggotakan Melinda Clarissa, Margareta, dan Yolanda. Juara kedua diraih oleh SMAK 3 Penabur Team 2, juara ketiga SMAK Penabur Gading Serpong Team 1, dan juara keempat SMA Ipeka Sunter.


Sebanyak 59 tim dari berbagai SMA mengikuti babak kualifikasi awal dan hanya 16 tim yang masuk semifinal. Empat tim yang berhasil masuk final harus melewati tiga babak untuk menyelesaikan kompetisi. Tim peserta dinilai oleh tiga juri, yakni Dra. Ratnawati Kurnia, Ak., M.Si., CPA, CA; Rosita Suryaningsih, S.E., M.M.; dan Dra. Wijaya Triwacananingrum, S.E., M.A., Ak.

Babak pertama bertajuk “Write it down. Raise it up.” Ada 15 soal yang dibacakan kemudian dikerjakan pada waktu yang bersamaan oleh keempat kelompok. Jawaban ditulis di masing-masing papan dan ditunjukkan pada ketiga juri. Jawaban salah maupun benar akan membuat setiap skor kelompok dikurangi atau ditambah sesuai dengan kategori soal, yakni easy, medium, atau hard. Babak pertama dimenangkan oleh SMAK 3 Penabur Team 3 dengan skor 75.
Babak kedua, yakni “Choose your strategy” mewajibkan setiap kelompok memilih soal untuk tim lawan. Jika tim lawan salah, maka skor akan diberikan untuk tim yang memilihkan soal tersebut. Dengan skor 465, SMAK 3 Penabur Team 2 unggul dalam babak kedua.

Di babak terakhir, yaitu “Build your strategy” adalah kompetisi adu cepat mengerjakan soal. Ada 20 soal yang diberikan dengan waktu tiga menit pengerjaan dalam setiap soal. Tim yang lebih dulu menekan bel berhak menjawab dan kemudian dinilai oleh juri. Skor final adalah 750 untuk SMAK 3 Penabur Team 3, 660 untuk SMAK 3 Penabur Team 2, 240 untuk SMAK Penabur Gading Serpong, dan SMA Ipeka Sunter meraih skor 25.

Con_aces3-2.gif“Soalnya susah dan banyak. Tetapi menurut kami, itu (kemenangan-red) bukan dari usaha kami saja, yang pasti kami mengerjakan untuk memuliakan nama Tuhan, jadi kami selalu berdoa. Yang kedua adalah banyak-banyak berlatih di sekolah,” ungkap tim dari SMAK 3 Penabur ketika ditanya strategi untuk menang. Juara pertama berhak mendapatkan piala, uang tunai Rp4.500.000,-, serta beasiswa pendidikan UMN sebesar 75%. Ketiga peserta dari SMAK 3 Penabur juga mengungkapkan ada keinginan untuk memanfaatkan hadiah beasiswa UMN tersebut.


Con_aces3-3.gif
The Battle of ACEs 3 masuk ke dalam rangkaian acara Accounting Week yang diadakan oleh himpunan mahasiswa akuntansi UMN (HIMTARA). Selain kompetisi antar SMA, perdana di tahun ini juga diadakan Accounting War, yakni  kompetisi akuntansi di tingkat universitas.



Benedictus Seno, ketua Accounting Week mengungkapkan tingginya antusiasme peserta yang ikut bertanding. Dilihat dari jumlah peserta, baik tingkat universitas maupun SMA sudah melebihi target panitia. Peserta bahkan datang dari berbagai daerah di Pulau Jawa. The Battle of ACEs pun sudah dianggap sebagai kompetisi yang bergengsi di kalangan sekolah-sekolah se-Jabodetabek. “Ke depannya, kompetisi ini akan terus dilanjutkan dan semakin diperbaiki. Ada masukan dari peserta agar soal-soal yang diberikan disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta. Masalah waktu acara juga akan panitia benahi untuk ke depannya,” tambah Seno.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Labels

Powered by Blogger.

- Copyright © Universitas Multimedia Nusantara Akuntansi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -