Posted by : UMN Monday, April 8, 2013

Program Studi Akuntansi (ICT Based Accounting)

Di era ICT (Information and Communication Technology) dan multimedia, kehadiran Akuntan yang memiliki kemampuan dan memahami ICT sangat diperlukan. Program studi Akuntansi UMN mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi Sarjana Ekonomi di bidang Akuntansi yang profesional dan mampu menguasai aplikasi ICT terkait dengan akuntansi, sekaligus mampu memanfaatkan ICT untuk solusi akuntansi.
Dalam masa studi mahasiswa dibekali dengan pengetahuan akuntansi yang komprehensif meliputi antara lain Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Auditing, Sistem Informasi Akuntansi, Perpajakan, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Internasional dan Teori Akuntansi. Mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan dan aplikasi mengenai ICT sehingga memahami dampak perkembangan ICT terhadap bidang Akuntansi dan Keuangan. Dengan bekal pengetahuan dan ketrampilan terkait dengan praktek akuntansi ini, lulusan memiliki pengetahuan dan kompetensi dalam menjalankan profesinya sebagai Sarjana Ekonomi di bidang Akuntansi yang berkompetensi tinggi.
Program studi Akuntansi Universitas Multimedia Nusantara memiliki 2 pilihan peminatan:

1. Auditing

Mahasiswa yang memiliki konsentrasi Auditing akan mendapatkan pendalaman kemampuan di bidang Auditing dengan mendapatkan mata kuliah: Audit Seminar, Praktek Audit (simulasi pelaksanaan program audit di perusahaan), Information System Auditing, Financial Accounting Standart dan Tax Accounting.
Lulusan memiliki kemampuan melakukan External Audit untuk menilai kewajaran laporan keuangan perusahaan atau sebagai Internal Audit yang melakukan evaluasi internal dan memberikan saran untuk peningkatan kinerja perusahaan sesuai aturan yang berlaku dengan memperhatikan Kode Etik profesi Akuntan.

2. Taxation

Mahasiswa yang memilih konsentrasi Taxation akan mendapatkan pendalaman kemampuan di bidang perpajakan dengan mendapatkan mata kuliah: Akuntansi  Pajak, Perencanaan Pajak, Pajak Daerah, Perpajakan International dan Kapita Selekta Perpajakan.
Lulusan memiliki kemampuan melakukan perhitungan dan menganalisis pemecahan masalah dan kasus yang muncul di lapangan sehubungan dengan pemenuhan kewajiban perpajakan baik untuk Wajib Pajak Orang Pribadi maupun Wajib Pajak Badan, melakukan rekonsiliasi fiskal dengan mengimplementasikan akuntansi perpajakan serta melakukan perencanaan perpajakan untuk meminimalkan beban pajak sesuai peraturan perpajakan yang berlaku dengan memperhatikan Kode Etik Profesi Akuntan.
Lulusan program studi Akuntansi Universitas Multimedia Nusantara dapat berkarir di Kantor Akuntan Publik, sebagai tenaga Akuntan pada berbagai jenis perusahaan baik nasional dan multinasional (termasuk industri perbankan), dan sebagai tenaga konsultan keuangan dan pajak.
VISI
Menjadi Program Studi Strata Satu Akuntansi unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional yang kompeten di bidang akuntansi berbasis Information and Communication Technology (ICT), berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur.
MISI
  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berkualitas yang didukung tenaga pengajar yang professional dan kurikulum yang up to date dan link and match dengan dunia usaha.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang memberikan kontribusi di bidang akuntansi, keuangan dan perpajakan untuk menjadi centre of excellence.
  3. Memanfaatkan pengetahuan akuntansi, keuangan dan perpajakan sebagai wujud pengabdian kepada komunitas profesi, dunia usaha dan masyarakat.
Peluang Kerja
Lulusan prodi manajemen bisa berkarir sebagai : auditor profesional, perencana keuangan, konsultan keuangan, konsultan pajak, manajer keuangan, accounting manager.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Labels

Powered by Blogger.

- Copyright © Universitas Multimedia Nusantara Akuntansi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -